Catatan online NewbieNU tentang pengalam kerja dibidang IT

Rabu, 09 Januari 2019

Membuat Default Mozilla Thunderbird Untuk Kirim Email Langsung dari Microsoft Office

Malam ini penulis mendapat complaint dari Manager Operation. Bahwa ketika kirim email berisi file langsung dari Microsoft Office seperti berikut:

Membuat Default Mozilla Thunderbird Untuk Kirim Email Langsung dari Microsoft Office


Tidak otomatis menggunakan aplikasi Mozilla Thunderbird. Melainkan Microsoft Office Outlook seperti ini:



Sedangkan aplikasi email kantor memakai Mozilla Thunderbird. User menggunakan: Sistem operasi Windows 10 64 Bit, Microsoft Office 2007, dan Mozilla Thunderbird 2.0.0.21.


Beberapa percobaan yang penulis lakukan:

1. Buat default aplikasi email menjadi Mozilla Thunderbird > Coba kirim email langsung dari Microsoft Office > Nihil.
2. Add and remove tools Microsoft Office > Remove Microsoft Office Outlook > Gagal remove muncul keterangan eror.
3. Uninstal Microsoft Office 2007 > Instal Ulang Microsoft Office 2007 dengan tidak menyertakan Microsoft Office Outlook > Pastikan kembali default program untuk email adalah Mozilla Thunderbird > Coba kirim email langsung dari Microsoft Office > Nihil.
4. Buat file dengan Open Office > Coba kirim email langsung dari Open Office > Nihil (muncul keterangan "There is no email program associated to perform the requested action")

5. Update Mozilla Thunderbird ke versi terbaru > Pastikan kembali default program untuk email adalah Mozilla Thunderbird > Add and remove tools Microsoft Office > Add Microsoft Office Outlook > Coba kirim email langsung dari Microsoft Office > BERHASIL.


Jadi penulis disini hanya akan menjabarkan percobaan ke lima, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka link download Mozilla Thunderbird terbaru disini > Klik "Unduh Gratis".



2. Buka hasil download > Klik dua kali > Tunggu proses ekstrak sampai selesai.



3. Yes.



4. Lanjut.



5. Klik "Standar" > Ceklis "Jadikan Thunderbird sebagai..." > Lanjut.



6. Pasang.



7. Tunggu proses sampai selesai..



8. Ceklis "Launch mozilla..." > Selesai.



9. Bantuan > Tentang Mozilla... > Klik.



10. Sudah update ke versi terbaru per tgl 09 Januari 2019 yaitu Mozilla Thunderbird 60.4.0.



11. Start > Setting.



12. Apps.



13. Pada bagian kiri klik "Default apps" > Dibagian kanan pastikan default apps untuk "Email" adalah "Mozilla Thunderbird" > Close seting.



14. Dobel klik installer Microsoft Office > Klik "Customize".



15. Klik dropdown sebelah kiri "Microsoft Office Outlook" > Klik "Run from My Computer".



16. Pastikan dropdown Microsoft Office Outlook tanda silangnya hilang > Instal Now.



17. Tunggu proses sampai selesai.



18. Close.



19. Buka file Microsoft Excel > Office button > Send > E-mail > Klik.


19. Dan langsung otomatis terbuka Mozilla Thunderbird dalam posisi menulis pesan.


Catatan: Microsoft office harus terinstal outlook agar sub menu "send by email" ada. Pastikan default program email adalah Mozilla Thunderbird. Dan terakhir versi Mozilla Thunderbird harus terupdate.


Selesai.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan bahasa baik dan sopan.

Diberdayakan oleh Blogger.