Catatan online NewbieNU tentang pengalam kerja dibidang IT

Rabu, 24 Oktober 2018

Seting Account Gmail di Mozilla Thunderbird

Belum lama penulis seting Account Gmail di Mozilla Thunderbird. Sebenarnya email intranet perusahaan sudah ada, namun karena pengaturan keamanan di server email internal menjadikan pesan lama tersampaikan ke penerima. Terutama ketika account email internal perusahaan mengirim pesan ke email internet (contoh Gmail). Sebagai solusi, perusahaan memutuskan membuat account gmail untuk mengirim pesan ke email internet.

Penulis menggunakan Mozilla Thunderbird versi 2.0.0.21
Seting Account Gmail di Mozilla Thunderbird

Langkah-langkahnya adalah:

1. Buat folder di local disk (D/ E/ F) misal "pop.gmail.com". Ini akan digunakan sebagai tempat penyimpanan email gmail (Inbox, Sent, dan Draft).

2. Buka Mozilla Thunderbird > File > New > Account.

3. Pilih "Gmail" > Next.

4. Isi "Your Name" dan "Email Address" dg account email (misal yogya@gmail.com) > Next.

5. Hilangkan ceklis pada "Download messages now" > Finish.


6. Dan akan terbentuk list dengan account name gmail. Klik kanan account tersebut > Propertis.

7. Klik Gmail - yogya > Pastikan terseting seperti gambar berikut.

8. Klik "Server Setting" > Pastikan terseting seperti gambar berikut > Klik "Browse".

9. Pilih folder yang kita buat dilangkah pertama > OK.

10. Pastikan "Local Directory" sudah mengarah ke folder yang kita buat dilangkah pertama > OK.

11. Klik (Outgoing Server...) > Pastikan sudah ada "Gmail - smtp.gmail.com" dengan deskripsi seperti berikut > OK.

12. Coba kirim email ke alamat gmail lain (misal abdur@gmail.com). Maka akan tersimpan di "Sent".

13. Cek "Inbox" di email tujuan pun masuk > Reply email.

14. Cek "Inbox" di email yogya.gmail pun masuk. Sukses.


Catatan:

  • Pada saat kirim email pertama kali akan diminta input password. Silakan masukkan password account email. Centang "Remember..." untuk tidak lagi repot memasukkan pasword setiap kali kirim email (opsional).
  • Pada saat terima email pertama kali akan diminta input password. Silakan masukkan password account email. Centang "Remember..." untuk tidak lagi repot memasukkan pasword setiap membuka inbox email (opsional).

Selesai.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan bahasa baik dan sopan.

Diberdayakan oleh Blogger.