Catatan online NewbieNU tentang pengalam kerja dibidang IT

Rabu, 24 Juli 2019

Upload, Share, dan Download File di OwnCloud

Sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya Install own Cloud di CentOS 7 dan Manajemen Grup dan Pengguna OwnCloud kali ini penulis akan menjabarkan bagaimana Upload, Share, dan Download File di OwnCloud. Ada tiga bagian, yaitu:

  1. Upload file.
  2. Share file.
  3. Download file.

Upload File

1. Masuk OwnCloud
Upload, Share, dan Download File di OwnCloud

2. Klik folder yang akan digunakan sebagai tempat penyimpanan upload file. Misal Documents.

3. Klik "+" > Klik "Unggah".

4. Akan muncul dialog box untuk pilih file yang ingin diupload. Misal "IP OFFICE". Klik "Open".

5. File pun telah terupload kedalam folder Documents.

Note: Bisa juga membuat folder sendiri. Caranya klik "+" pada bagian atas folder pada langkah point 2. Pilih Folder lalu ketikkan nama dan enter.



Share File

1. Klik lambang "Share" (perhatikan posisi pointer).

2. Ada dua pilihan share, berdasarkan user and groups atau dengan cara membuat public link. Pertama kita share berdasarkan user and groups. Ketikkan nama grup yang akan kita share, misal Information Technology. (Bisa share multi grup).

3. Ada beberapa pilihan ceklis dan icon tong sampah. Berikut masing-masing fungsinya:
  • Dapat berbagi artinya semua user yang ada didalam grup Information Technology bisa share file "IP OFFICE" kepada user dan grup lain.
  • Dapat sunting, ubah artinya dapat menngubah isi file juga judul file.
  • Icon tong sampah berarti menghapus grup Information Technology dari share. Sehingga tidak lagi dapat melihat, memodifikasi, dll file "IP OFFICE".

4. Share juga bisa dengan membuat Public Links dengan klik "Public Links" > klik "Create public link".

5. Ada beebrapa kolom, berikut penjelasannya:
  • Nama tautan: Untuk memberi nama tautan.
  • Sandi: Untuk memberi password akses file yang dishare.
  • Kadaluarsa: Batas waktu masa aktif publick link, jika sudah melewati tanggal yang ditentukan file sudah tidak lagi dapat diakses.
Sesuaikan semua kolom > Klik "Bagikan".

6. Akan terbentuk nama publik link "IP OFFICE" sesuai pengaturan sebelumnya > Klik "Salin ke klipbor".

7. Bagikan link via media (Email, media sosial, SMS, dll) kepada user yang dituju dengan Paste link (Klik kanan > paste atau ctrl + v).

Note: Bisa juga share folder dengan klik lambang share disebelah kanan folder.


Download File

1. Buka pesan dari user yang share file > Copy link.

2. Buka browser engine, penulis menggunakan Chrome > Klik kanan pada kolom Address Bar > Klik "Tempel dan buka ...".

3. Masukkan password (bisa tanpa atau dengan password tergantung pengaturan dari user yang share file) > Klik tanda panah/ Enter.

4. File "IP OFFICE" bisa didownload.

5. Tampilkan dalam folder.

6. Berikut hasil downloadnya.

7. Atau download file juga bisa dengan masuk sebagai user yang telah terdaftar pada saat pemilik file share dengan pilihan User and groups. Misal disini dengan user "Ali" yang masuk kedalam grup "Information Technology".

8. Maka otomatis mendapat share atas file "IP OFFICE".




Selesai.
Share:

Senin, 15 Juli 2019

Manajemen Grup dan Pengguna OwnCloud

Setelah sebelumnya kita Install OwnCloud di CentOS 7 maka selanjutnya adalah Manajemen Grup dan Pengguna OwnCloud. Menjabarkan beberapa hal, yaitu:

  1. Membuat dan menghapus grup.
  2. Membuat dan menghapus pengguna.
  3. Menjadikan salah satu pengguna sebagai admin dalam satu grup, membuat pasword, dan menentukan maksimal kuota penyimpanannya.


Membuat dan Menghapus Grup.

Langkah-langkahnya adalah:

1. Masuk sebagai admin.
Manajemen Grup dan Pengguna OwnCloud

2. Tambah Grup.

3. Ketik nama grup > Enter atau klik tanda "+".

4. Grup baru pun terbentuk.

5. Ulangi langkah yang sama untuk membuat grup lainnya.

6. Jika dirasa nama grup salah dan ingin merubah maka hapus dulu dengan klik nama grup.

7. Klik icon gambar tong sampah.

8. Ya.

9. Grup pun terhapus dan buat ulang dengan nama yang sesuai.


Membuat dan Menghapus Pengguna.

Langkah-langkahnya adalah:

1. Admin >  Pengguna.

2. Input nama (kolom paling kiri), alamat email (kolom tengah), tentukan grup (kolom paling kanan) > Buat.

3. Ulangi langkah diatas hingga semua pengguna terbentuk.



Menjadikan salah satu pengguna sebagai admin dalam satu grup, membuat pasword, dan menentukan maksimal kuota penyimpanannya.

Langkah-langkahnya adalah:

1. Pada salah satu pengguna klik dropdown dibawah tulisan "Grup Admin untuk" > pilih grup. Ini untuk menentukan bahwa pengguna bersangkutan bertindak sebagai admin grup tertentu. Untuk gambar dibawah berarti pengguna Ali menjadi admin grup Information Technology dan Adrianus admin grup merchandising.

Lalu klik dropdown dibawah tulisan "Kuota" untuk menentuakan batas maksimal kuota penyimpanan pengguna.

2. Membuat pasword pengguna dengan klik icon pensil dibawah tulisan "Kata Sandi".

3. Enter. Password pun terbentuk.

4. Berikut perbedaan saat login menggunakan user yang dijadikan admin grup.

5. Pojok kanan atas ketika di klik akan muncul sub menu "Pengguna".

6. Sehingga bisa mengatur pengguna lain dalam satu grup yang sama (atur ulang sandi, kuota, dan hapus).

7. Untuk login dengan user biasa maka menu pengaturan pengguna tidak ada.


Kedepannya akan coba penulis jabarkan mengenai upload, download, dan sharing file di OwnCloud.
Share:

Minggu, 14 Juli 2019

Install OwnCloud 10.2 di CentOS 7

Sebenarnya untuk menuju artikel ini ada langkah-langkah yang harus dipenuhi sebelumnya, yaitu:

  1. Install CentOS 7.
  2. Install PHP di CentOS 7.
  3. Install Apache (HTTPD) di CentOS 7.
  4. Install MariaDB di CentOS 7.
  5. Disable SELinux di CentOS 7.
Jika artike diatas sudah dipraktekkan dan sukses baru melangkah ke tahap Install OwnCloud di CentOS 7.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Download Putty disini  (sesuaikan dengan versi sitem operasi yang dipakai, 64 atau 32 Bit) dan install.

2. Buka Putty > Isi kolom "Host Name" dg IP address komputer CentOS 7 yang akan diinstall PHP > Isi kolom "Port" dengan 22 (secara default CentOS 7 membuka dan mengizinkan port 22) > Open.

Install OwnCloud 10.2 di CentOS 7

3. Login as "root" > Enter > Password (password root yang dibuat saat instalasi CentOS 7) >  Enter.

4. Setelah sukses masuk update dan reboot CentOS 7 dengan ketik "yum update -y; reboot".

5. Setelah komputer reboot buka kembali putty dan paste script "sudo rpm --import https://download.owncloud.org/download/repositories/10.2/CentOS_7/repodata/repomd.xml.key" > Enter.

6. Paste script "sudo curl https://attic.owncloud.org/download/repositories/10.2/CentOS_7/ce:10.2.repo | tee /etc/yum.repos.d/owncloud_CE:10.2.repo" > Enter. Pastikan alamat repositori masih aktif. Jika pada saat eksekusi script muncul pesan "the repositori/ file moved to ***", maka silakan sesuaikan kembali alamatnya.

7. Paste script "yum clean expire-cache" > Enter.

8. Paste script "yum install owncloud" > Enter.

9. Y.

10. Paste script "mysql -u root -p" > Enter.

11. Paste script "mysql -u root -p" > Enter. Masukkan password yang dibuat saat Install MariaDB di CentOS 7 > Enter.

12. Paste script "CREATE DATABASE acloud;" > Enter. (Untuk membuat database bernama "acloud". Nama database ini bebas sesuai keinginan).

13.  Paste script "CREATE USER 'ownclouduser'@'localhost' IDENTIFIED BY 'Y0ur-pa55w0rD;" > Enter.

14. Paste script "GRANT ALL PRIVILEGES ON acloud.* TO 'ownclouduser'@'localhost' IDENTIFIED BY 'Y0ur-pa55w0rD' WITH GRANT OPTION;" > Enter.

acloud ini nama database yang dibuat pada point 12. ownclouduser Y0ur-pa55w0rD ini bebas sesuai keinginan. localhost adalah Host name komputer yang diinstal owncloud via remot ini.

15. Paste script "FLUSH PRIVILEGES;" > Enter.

16. Paste script "exit" > Enter.

17. Akses OwnCloud dengan mengetikkan "http://*.*.*.*/owncloud/index.php" (*.*.*.* adalah alamat IP komputer owncloud. Misal penulis http://192.168.88.169/owncloud/index.php). Akan muncul tampilan berikut:

18. Buat akun admin, misal:
  • Nama pengguna: admin
  • Sandi: admin_12345678
  • Konfigurasikan basis data: MySQL/MariaDB (Sangat disarankan untuk kapsitas besar).
  • ownclouduser  (Sesuaikan warna dengan langkah point 13)
  • Y0ur-pa55w0rD (Sesuaikan warna dengan langkah point 13)
  • acloud (Sesuaikan warna dengan langkah point 13)
  • localhost (Sesuaikan warna dengan langkah point 13)
Klik "Selesaikan instalasi".

18. Konfigurasi sukses > Masuk dengan akun admin dengan input sesuai user dan password yang telah dibuat pada point 17.

19. Tampilan pertama kali saat masuk owncloud.


Selanjutnya akan coba penulis jabarkan penggunaan owncloud ini sebaga tempat aman menyimpan dan berbagi data.

Selesai.
Share:

Disable SELinux CentOS 7

Berikut langkah-langkah Disable SELinux CentOS 7:

1. Download Putty disini  (sesuaikan dengan versi sitem operasi yang dipakai, 64 atau 32 Bit) dan install.

2. Buka Putty > Isi kolom "Host Name" dg IP address komputer CentOS 7 yang akan diinstall PHP > Isi kolom "Port" dengan 22 (secara default CentOS 7 membuka dan mengizinkan port 22) > Open.
Disable SELinux CentOS 7

3. Login as "root" > Enter > Password (password root yang dibuat saat instalasi CentOS 7) >  Enter.

4. Setelah sukses masuk update dan reboot CentOS 7 dengan ketik "yum update -y; reboot".

5. Setelah komputer reboot buka kembali putty dan paste script "setenforce 0" > Enter.

6. Paste script "vi /etc/sysconfig/selinux" > Enter. Untuk membuka file SELinux dengan editor Vi.

7. "SELINUX=enforcing" berikut.

8. Ubah menjadi "SELINUX=disabled" dengan cara: Tekan tombol insert > hapus dan ketik ulang menjadi "disabled" > Tekan tombol Ctrl + C > ketik ":wq!". Akan menyimpan perubahan dan keluar dari editor Vi.

9. Ketik "init 6 atau reboot atau shutdown -r now" untuk reboot komputer.



Selesai.
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.