Kronologinya begini:
1. Kemarin 17 Oktober 2018 penulis mencari handphone Oppo A3S 3/32 di tokopedia menggunakan aplikasi tokopedia android. Ketemu disalah satu toko baru yang menjual dengan harga sangat miring (selisih 300k dengan toko lain), warna merah.2. Lalu penulis chat ketersediaan barang dan kebetulan ready stock warna merah.
3. Pemesanan > Check out > Dan bayar dengan BCA Internet Banking berjalan lancar.
4. Konfirmasi pembayaran ke penjual di tokopedia dan direspond cepat.
5. Namun kejanggalan dimulai saat penjual membuka jalur komunikasi diluar tokopedia (melalui hub telp) dengan terlebih dulu chat mohon ijin.
6. Telpon masuk dan penulis angkat. Benar saja itu dari penjual. Dia bilang "Benar dengan Bapak... yang pesan... warna....? Ini kami kirimkan kode ke nomer handphone Bapak, mohon Bapak sebutkan akan kami pakai untuk memproses pesanan". (berikut nomer telp pelaku):
Disaat yang bersamaan sms dari tokopedia masuk, disana ada keterangan "WASPADA TERHADAP KASUS PENIPUAN! Jangan menyebarkan kode ke SIAPAPUN....".
Reflek, penulis sahut "Bapak mau nipu saya? Seumur-umur saya belanja di tokopedia gak ada model gini. Lagian ada pesan jangan sebarkan kode ini ke siapapun". Dan sambungan telpon tiba-tiba terputus.
7. Segera penulis buat aduan ke tokopedia.
8. Telp masuk lagi dan ternyata dari CS tokopedia menanyakan identitas dan kronologi kejadian. Penulis ceritakan seperti point satu sampai dengan enam. CS pun berpesan supaya:
- Mohon saat memesan barang perhatikan reputasi toko (memang toko belum ada reputasi, masih toko baru).
- Lihat ulasan atas barang yang dijual (sama sekali belum ada ulasan atas barang- yang dijual ditoko bermasalah).
- Jangan hanya tergiur dengan harga murah.
9. Tidak lama berselang penulis cek toko bermasalah dan terdapat keterangan "Toko dimoderasi permanen..."
10. Setelah nunggu beberapa waktu, ada pesan masuk dari tokopedia yang menerangkan bahwa dana yang tertransfer sudah dikembalikan.
11. Namun penulis cek toko cash belum juga bertambah.
12. Saldo rekening juga masih sama (kelihatan ga punya duit ya.. 😂). Dan masih menunggu tidak lanjut tokopedia mengenai dana bermasalah ini.
Pelajaran untuk penulis:
1. Jika ada penjual mencoba membuka jalur komunikasi diluar tokopedia dan meminta kode masuk yang dikirimkan tokopedia ke nomer handphone pribadi melalui SMS maka itu 100% PENIPUAN.
2. Dilarang berbelanja ditoko berketerangan "Toko dimoderasi permanen...".
3. Reputasi penting untuk pertimbangan memesan barang dari toko.
4. Ulasan harus pula diperhatikan sebagai acuan memesan barang yang diminati.
5. Boleh tergiur dengan harga murah asalkan reputasi toko baik dan sudah ada ulasan atas barang yang ingin dipesan.
Tambahan:
Point tiga dan empat memang jurus ampuh belanja aman di tokopedia, namun jika semua calon pembeli memakai itu maka toko-toko baru yang memang serius berjualan hanya mendapatkan sedikit kesempatan menjual barang. Lalu bagaimana? Ya itu lah yang harus pertimbangkan oleh toko baru bagaimana caranya supaya pembeli memesan barang dari mereka.